Liga Inggris

The Blues Bantai Red Devil di Stamford Bridge!

Marcos Alonso (kanan) melakukan tendangan salto yang dibayangi oleh Marcus Rashford (kiri), pada laga matchday 9 Chelsea kontra Manchester United (23/10/2016). (Sumber: Mike Hewitt/Getty Images Europe).

Marcos Alonso (kanan) melakukan tendangan salto yang dibayangi oleh Marcus Rashford (kiri), pada laga matchday 9 Chelsea kontra Manchester United (23/10/2016).
(Sumber: Mike Hewitt/Getty Images Europe).

LONDON, Spirit.id – Jose Mourinho, tampaknya harus memutar otak lebih keras lagi dalam mengarungi Liga Primer Inggris musim ini (2016-2017). Setelah dalam beberapa pertandingan terakhirnya, Manchester United (MU), gagal meraih poin penuh.

Dalam lawatannya ke Stamford Bridge pada lanjutan matchday 9 kemarin Minggu (23/10/2016), pasukan The Red Devil dibantai dengan skor telak 4-0 oleh Pasukan The Blues Chelsea dalam laga yang kerap disebut sebagai “Clash of the Titan” itu.

Jika dihitung, sudah tiga kali secara beruntun di Liga Primer, Wayne Rooney dan kawan-kawan belum meraih satupun kemenangan. Terakhir mereka meraup poin penuh di Liga, kala unggul atas sang juara bertahan Leicester City di Old Trafford pada 24 September 2016 lalu.

Dengan hasil ini tentunya semakin membuat kecewa para fans MU, yang musim ini ber-ekpektasi tinggi terhadap pelatih berkebangsaan Portugal tersebut, untuk bisa meraih tropi Liga Primer Inggris musim ini. Apalagi mereka sudah membelanjakan dana yang tidak sedikit untuk mendatangkan para pemain-pemain bintang ke Old Trafford, guna memuluskan target yang dicapai.

Dalam laga panas yang dipimpin oleh wasit Martin Atkinson tersebut, Chelsea unggul terlebih dahulu melalui gol cepat pemain asal Spanyol, Pedro Rodriguez, ketika pertandingan baru berjalan kurang dari 1 menit.

Aksi pemain Chelsea, Pedro Rodriguez (11) ketika akan mencetak gol pertama Chelsea.  (23/10/2016). (Sumber: Shaun Botterill/Getty Images Europe).

Aksi pemain Chelsea, Pedro Rodriguez (11) ketika akan mencetak gol pertama Chelsea. (23/10/2016).
(Sumber: Shaun Botterill/Getty Images Europe).

Tampak nya gol dari Pedro ini tidak diprediksi dan disangka sebelumnya, karena gol tersebut otomatis membuyarkan strategi yang akan di pakai Mourinho yang kerap memakai formasi Parkir bus dengan mengandalkan serangan balik cepat. Alhasil, mau tidak mau MU harus keluar untuk menyerang guna menyamakan kedudukan.

Terbukanya permainan MU, akhirnya dimanfaatkan dengan baik oleh Antonio Conte. Mantan Pelatih Juventus serta Timnas Italia ini, mengubah formasi dari 3-4-3 menuju 3-4-2-1. Yaitu dengan menarik Eden Hazard serta Pedro Rodriguez lebih mundur di belakang Diego Costa yang di plot sebagai Penyerang tunggal. Serta dengan mengandalkan Pressing ketat terhadap para pemain MU.

Strategi ini terbukti membuahkan hasil. Setiap pemain MU yang memegang bola, langsung dibayangi serta di pressing oleh para pemain Chelsea. Akhirnya para pemain MU kerap kurang fokus serta kurang tenang dalam penguasaan bola para pemain.

Tepat di menit ke-21, Chelsea memperlebar keunggulan. Kali ini pemain belakang mereka, Garry Cahil, yang mencatatkan namanya di papan skor. Skor 2-0 The Blues memimpin. Namun tampaknya gol Cahil tersebut bertahan hingga turun minum.

Di babak ke-dua, Jose Mourinho merubah strategi dengan memasukan Juan Mata menggantikan Marouane Felaini untuk menambah daya gedor serta melancarkan aliran bola ke-depan. Namun strategi mereka tidak berjalan dengan baik, karena pressing tinggi para pemain Chelsea membuat para pemain MU terkesan lebih berhati-hati.

Akhirnya di menit ke-62, Eden Hazard berhasil mencetak gol. Gol pemain internasional Belgia tersebut, hasil kreasi umpan dari Nemanja Matic yang jeli melihat pergerakan bebas Hazard. Skor berubah, 3-0 untuk Chelsea.

Setelah gol Hazard tersebut, mental para pemain MU sepertinya sudah habis. Delapan menit setelah gol Hazard, N’Golo Kante berhasil mengoyak gawang MU yang dijaga David de Gea. Skor 4-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Chelsea mulai memanaskan posisi puncak klasmen sementar dengan berada di peringkat ke-4 dengan 19 poin, atau hanya terpaut satu poin dari pimpinan klasmen sementara Manchester City yang saat ini mengemas 20 poin. (hk).

STATISTIK PERTANDINGAN:

CHELSEA v MANCHESTER UNITED

6 Shoots On Target 6

3 Shoots Off Target 6

43 Penguasaan Bola (%) 57

5 Sepak Pojok 7

2 Offsides 4

7 Pelanggaran 17

3 Kartu Kuning 2

SUSUNAN PEMAIN:

CHELSEA: Thibaut Courtois (Gk), Cesar Azpilicueta, David Luiz, Gary Cahill, Victor Moses, Nemanja Matic, N’Golo Kante, Marcos Alonso, Pedro Rodriguez (Nathaniel Chalobah 71’), Eden Hazard (Willian 78’), Diego Costa (Michy Batshuayi 78’). (Formasi: 3-4-2-1. Pelatih: Antonio Conte).

MANCHESTER UNITED: David de Gea (Gk), Daley Blind, Chris Smalling, Eric Bertrand Bailly (Marcus Rojo 52’), Antonio Valencia, Marouane Fellaini (Juan Mata 46’), Ander Herrera, Jesse Lingard (Anthony Martial 65’), Paul Pogba, Marcus Rashford, Zlatan Ibrahimovic. (Formasi: 4-2-3-1. Pelatih: Jose Mourinho).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top