Jadwal Pertandingan

Euforia Berlebihan, Milan Takluk di Tangan Genoa!

Adu racik strategi dua pelatih muda, Genoa dengan Ivan Juric (kiri) dan AC Milan dengan Vicenzo Montella (kanan) pada giornata 10 (26/10/2016). (Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe)

Adu racik strategi dua pelatih muda, Genoa dengan Ivan Juric (kiri) dan AC Milan dengan Vicenzo Montella (kanan) pada giornata 10 (26/10/2016).
(Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe)

GENOA, Spirit.id –  Hasil inkonsistensi diperlihatkan oleh tim besutan Vincenzo Montella kala bertandang ke Stadio Luigi Ferraris guna menghadapi Genoa dalam lanjutan Liga Italia serie-A, Giornata ke-10 (26/10/2016). Setelah sebelumnya di pekan ke-9, mereka menang atas sang Juara Bertahan Juventus, kali ini mereka harus menelan pil pahit karena dikalahkan tim tuan rumah dengan skor telak 3-0 tanpa balas.

Ternyata euforia berlebihan kala menang atas Si Nyonya Tua, Juventus, membuat mereka lupa bahwa pertandingan masih panjang. Perubahan strategi Montella dengan memainkan Winning team seperti melawan Juventus (minus Suso yang digantikan Keisuke Honda di starting line-up), menjadi boomerang bagi tim peraih 7 kali Liga Champions itu.

Penyerang AC Milan, Carlos Bacca (kiri) ditempel ketat pergerakannya oleh pemain Genoa, Ezequiel Munoz dalam laga Giornata ke-10, Liga Italia serie-A. (26/10/2016). (Sumber: AFP).

Penyerang AC Milan, Carlos Bacca (kiri) ditempel ketat pergerakannya oleh pemain Genoa, Ezequiel Munoz dalam laga Giornata ke-10, Liga Italia serie-A. (26/10/2016).
(Sumber: AFP).

Pada laga kontra Genoa, Rabu dini hari tadi (26/10/2016), Montella memasukan nama Keisuke Honda sejak menit awal, menggantikan Suso. Selebihnya dari lini belakang hingga tengah, semua nama-nama yang sama  seperti pada saat melawan tim asal kota Turin tersebut.

Mungkin Montella bermaksud agar semangat tim nya masih membara, sehingga dengan chemistry antara para pemain bisa menghasilkan suatu hasil yang positif bagi tim nya. Namun tampaknya ia lupa, bahwa para pemain Milan energi nya sudah terkuras habis-habisan ketika melawan Juventus pada Giornata ke-9 lalu.

Terbukti pada menit ke-11, memanfaatkan umpan crossing dari Tomas Rincon, Penyerang sayap Genoa, Nikola Ninkovic berhasil menanduk bola yang gagal dijangkau oleh Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Skor 1-0, Genoa memimpin hingga paruh babak pertama.

Di babak ke-dua, permainan tim berjuluk Rossoneri itu semakin kacau dan tanpa pola yang jelas. Puncaknya di menit ke-56, pemain belakang mereka, Gabriel Paletta menekling Luca Rigoni dari belakang. Tanpa ampun, wasit Luca Banty langsung mengganjar Paletta dengan kartu merah.

Unggul dalam jumlah pemain akhirnya dimanfaatkan benar oleh pelatih Genoa, Ivan Juric. Dia menginstruksikan untuk menyerang dari sisi sayap kiri, dengan mengandalkan umpan-umpan panjang. Akhirnya terbukti berhasil, pertahanan Milan gagal fokus dan sering terlambat turun.

Tepat di menit ke-80, Genoa menambah keunggulan. Kali ini hasil gol bunuh diri pemain tengah Milan, Jurac Kucka yang gagal mengantisipasi umpan crossing  dari sisi kiri yang dilepaskan Darko Lazovic. Skor 2-0, AC Milan tertinggal.

Tertinggal 2 gol membuat mental para punggawa AC Milan menurun. Hanya enam menit setelah gol bunuh diri tersebut, gawang Gianluigi Donnarumma kembali kebobolan. Kali ini yang menjadi pencetak gol adalah Leonardo Pavoletti yang berhasil memanfaatkan assist dari Diego Laxalt. Kedudukan 3-0 akhirnya bertahan hingga waktu usai.

Dengan kekalahan ini membuat posisi AC Milan rawan tergusur dari tiga besar, karena para pesaing mereka yaitu AS Roma dan Napoli akan memainkan laga Giornata ke-10 Dini hari nanti (27/10/2016). Sedangkan untuk Genoa, posisi mereka sementara ini langsung naik ke peringkat ke-7 dengan perolehan 15 poin. (hk)

SUSUNAN PEMAIN:

GENOA: Mattia Perin (Gk), Armando Izzo, Nicolas Burdisso, Ezequiel Munoz, Edenilson (Riccardo Fiamozzi 78’), Tomas Rincon, Miguel Veloso, Diego Laxalt, Luca Rigoni, Giovanni Simeone (Leonardo Pavoletti 67’), Nikola Ninkovic (Darko Lazovic 54’). (Formasi: 3-4-3. Pelatih: Ivan Juric).

AC MILAN: Gianluigi Donnarumma (Gk), Mattia De Sciglio, Alessio Romagnoli, Gabriel Paletta, Andrea Poli, Giacomo Bonaventura, Manuel Locatelli, Juraj Kucka, Mbaye Niang (Suso 70’), Carlos Bacca (Gustavo Gomez 58’), Keisuke Honda (Luiz Adriano 62’). (Formasi: 4-3-3. Pelatih: Vincenzo Montella).

STATISTIK PERTANDINGAN:

GENOA V AC MILAN

3 Shots on target 5

2 Shots off target 6

41 Penguasaan Bola (%) 59

5 Sepak Pojok 3

3 offsides 0

15 Pelanggaran 9

3 Kartu Kuning 0

0 Kartu Merah 1

Jadwal Pertandingan Giornata-10:

27 Oktober:

Chievo v Bologna

Fiorentina v Crotone

Inter Milan v Torino

Juventus v Sampdoria

Lazio v Cagliari

Pescara v Atalanta

Napoli v Empoli

Sassuolo v AS Roma

28 Oktober:

Palermo v Udinese

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top