Liga Italia

Hasil Liga Italia Serie-A (Giornata-9): Milan Menang, Inter Tumbang!

Aksi selebrasi pemain AC Milan, Manuel Locatelli, setelah membobol gawang Juventus, pada laga giornata ke-9 (23/10/2016) (Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

Aksi selebrasi pemain AC Milan, Manuel Locatelli, setelah membobol gawang Juventus, pada laga giornata ke-9 (23/10/2016)
(Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

MILAN, Spirit.id – AC Milan akhirnya bisa merangkak naik ke papan atas klasmen sementara Liga Italia Serie-A, setelah pada Giornata ke-9 kemarin (23/10/2016) berhasil mengalahkan tamunya, Si Nyonya Tua, Juventus dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di hadapan lebih dari 75 ribu tifosi milanisti yang memadati Stadion San Siro, membuat mental dan motivasi para punggawa AC Milan semakin menebal. Apalagi tim yang mereka hadapi adalah sang Juara Bertahan 5 musim berturut-turut, Juventus.

Pelatih Milan, Vincenzo Montella, menampilkan skuat terbaiknya dengan formasi 4-3-3. Dengan mengandalkan tiga penyerang sekaligus, yaitu Suso, Carlos Bacca serta Mbaye Niang. Sedangkan tim tamu, Juventus, tetap menampilkan skuat yang 90% hampir sama ketika mereka tampil habis-habisan di Liga Champions kontra Olympic Lyon (19/10/2016).

Pemain AC Milan, carlos Bacca (kiri) berebut bola dengan pemain Juventus, leonardo Bonucci, pada laga AC Milan kontra Juventus. (23/10/2016). (Sumber: AFP).

Pemain AC Milan, carlos Bacca (kiri) berebut bola dengan pemain Juventus, leonardo Bonucci, pada laga AC Milan kontra Juventus. (23/10/2016).
(Sumber: AFP).

Di babak pertama tidak ada gol yang tercipta, namun meski begitu jalannya pertandingan pada babak pertama sangat keras dan ketat. Terbukti wasit Nicola Rizzoli, menghadiahi 3 kartu kuning. Masing-masing, dua untuk Juventus (Bonucci dan Pjanic) serta satu untuk AC Milan (Kucka).

Dibabak kedua, gol yang ditunggu pun tercipta. Memanfaatkan umpan dari Suso di menit ke-65, Manuel Locatelli berhasil menaklukan Kiper utama Timnas Italia, Gianluigi Buffon. Skor 1-0 Milan memimpin.

Tertinggal satu gol membuat skuat besutan Massimiliano Allegri semakin gencar melakukan serangan ke area pertahanan Milan. Namun ketatnya lini belakang tim Rossoneri, berhasil mematahkan serangan demi serangan para pemain Juventus yang di lakukan oleh Gonzalo Higuain serta Mario Mandzukic. Hingga waktu 2×45 berakhir, skor masih tetap 1-0 untuk keunggulan AC Milan.

Sedangkan hasil berbeda justru diperoleh oleh tim sekota AC Milan, yaitu Internazionale Milan. Bertandang ke Stadio Atleti Azzurri D’Italia, tim besutan pelatih Frank de Boer ini harus mengakui keperkasaan tim tuan rumah, Atalanta dengan skor tipis 2-1.

Selebrasi pemain Atalanta, Andrea Masiello setelah mengoyak gawang Internazionale Milan, sekaligus membuka skor menjadi 1-0. (23/10/2016). (Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

Selebrasi pemain Atalanta, Andrea Masiello setelah mengoyak gawang Internazionale Milan, sekaligus membuka skor menjadi 1-0. (23/10/2016).
(Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

DI babak pertama, Atalanta berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang diciptakan Andrea Masiello di menit ke-10. Gol pemain berusia 30 tahun tersebut, hasil kreasi umpan dari Jasmin Kurtic. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak ke-dua, Inter sempat menyamakan kedudukan melalui gol yang disarangkan oleh pemain naturalisasi di Timnas Italia, Eder, di menit ke-51. Gol pemain berkewarganegaraan Brazil yang bernama lengkap Eder Citadin Martins tersebut, adalah hasil umpan matang yang diberikan oleh Marcelo Brozovic.

Pemain Inter.Milan, Ede, (kiri) diganggu pergerakannya oleh pemain Atalanta, Remo Freuler (kanan). dalam laga tersebut, Eder mencetak satu-satunya gol Inter. (23/10/2016). (Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

Pemain Inter.Milan, Ede, (kiri) diganggu pergerakannya oleh pemain Atalanta, Remo Freuler (kanan). dalam laga tersebut, Eder mencetak satu-satunya gol Inter. (23/10/2016).
(Sumber: Marco Luzzani/Getty Images Europe).

Namun petaka datang menghampiri Inter, tiga menit sebelum waktu normal berakhir. Tepat di menit ke-87, pemain belakang Inter, Davide Santon, melanggar dengan keras Franck Yannick Kessie di dalam kota pinalti. tanpa ampun wasit Daniele Doveri menghadiahi Atalanta tendangan pinalti.

Dengan ketenangannya mengeksekusi tendangan pinalti, Mauricio Pinilla berhasil membawa Atalanta kembali unggul 2-1 atas Inter Milan. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor masih tetap 2-1 untuk kemenangan tim dengan julukan sama yaitu Nerazurri tersebut.

Dengan hasil ini, AC Milan berhasil masuk ke posisi ke-tiga dengan perolehan 19 poin atau tertinggal 2 poin dari sang pemuncak klasmen sementara, Juventus. Sedangkan Internazionale Milan, semakin melorot ke posisi 14 klasmen sementara Liga Italia Serie-A. (hk)

Hasil Lengkap Liga Italia Serie-A, Giornata ke-9:

Sampdoria 2 – 1 Genoa

AC Milan 1 – 0 Juventus

Udinese 3 – 1 Pescara

Atalanta 2 – 1 Inter Milan

Cagliari 3 – 5 Fiorentina

Crotone 1 – 2 Napoli

Empoli 0 – 0 Chievo

Torino 2 – 2 Lazio

Bologna 1 – 1 Sassuolo

AS Roma 4 – 1 Palermo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top